Tupoksi Subbag Penyusunan Produk Hukum

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bagian Hukum dalam menyiapkan perumusan kebijakan, mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan perumusan  produk hukum Daerah.

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kerja Subbagian Penyusunan Produk Hukum.
  2. Menyiapkan bahan telaahan perundang-undangan, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya dalam lingkup perumusan produk hukum.
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan penyusunan rencana kerja rancangan produk hukum Daerah dan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda).
  4. Menyiapkan bahan dan fasilitasi pelaksanaan eksaminasi, harmonisasi, pembulatan dan pemantapan konsepsi rancangan produk hukum Daerah.
  5. Menyiapkan pelaksanaan bimbingan teknis dan asistensi penyusunan produk hukum Daerah.
  6. Menyiapkan pelaksanaan penyusunan produk hukum Daerah baik yang bersifat pengaturan (regeling) maupun yang bersifat (beschikking).
  7. Menyiapkan pelaksanaan pengajuan dan pembahasan rancangan Peraturan Daerah di DPRD dan pengajuan evaluasi rancangan produk hukum Daerah kepada Gubernur.
  8. Menyiapkan penetapan produk hukum Daerah, pemberian penomoran dan tanggal penetapan produk hukum Daerah.
  9. Menyiapkan pelaksanaan pengundangan produk hukum Daerah, penerbitan Lembaran Daerah, Tambahan Lembaran Daerah dan Berita Daerah.
  10. Pelaksanaan konsultasi, koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas lingkup penyusunan produk hukum Daerah.
  11. Menyiapkan dan menyusun bahan-bahan petunjuk pemecahan masalah yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi.
  12. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
Close